kegunaan ISO untuk indutri kreatif

FR Consultant Indonesia
4 min readJul 4, 2022

--

Membahas tentang iso, artinya membahas bagaimana perusahaan bisa meningkatkan manajemen mutunya. Apabila ingin mendapakan kepercayaan dari pelanggannya perusahaan harus meningkatkan kualitas nya. Mengajukan sertifikikasi ISO menjadi solusinya.untuk mendapatkan sertifikasi ISO perusahaan harus melalui tahapan demi tahapan agar bisa memenuhi standar tersebut.

Apa kegunaan ISO untuk indutri kreatif Simak pembahasannya.

Saat produksi berbagai produk yang berkualitas secara komperhensif dan kepuasan konsumen itu merupakan hal yang penting. jaminan bisa menjadi rumit ketika komponen suatu barang di buat di pabrik yang lain. Kegunaan ISO sendiri adalah untuk melakukan promosi keamanan, efisiansi,dan kualitas sesuai dengan standar yang sudah di tentukan sebelumnya.

Pengertian Kegunaan ISO.

Kegunaan ISO adalah untuk mengukur mutu pada suatu perusahaan, serta memfasilitasi penjualan agar bisa membuatnya berjalan baik. ISO sendiri merupakan singkatan dari International Organization for Standarization. Ialah organisasi internasional untuk menerapkan standarisasi bertaraf internasional. Di bidang komersial dan industry, manfaat dari ISO adalah untuk menaikan pedagang di berbagai negara.

ISO merupakan suatu penerapan standar yang terdiri dari wakil dari badan standarisasi internasional. Apabila perusahaan hendak bersaing dengan perusahaan lainnya, maka wajib di ukur kredibilitasnya melalui standar ISO sesuai dengan kegunaan ISO.

Jenis-Jenis Kegunaan ISO.

Setelah pembahasan mengenai pengertian kegunaan ISO. Ada beberapa jenis-jenis ISO. Hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan. Ada baiknya mengenal dan mengetahui jenis-jenisnya. Beberapa jenis ISO ini yang di tentukan berdasarkan bidang usahanya, diantaranya adalah:

1. ISO 9001.

Kegunaan ISO ini dipergunakan dan di temukan tiap kemasan produknya. ISO 9001 artinya produk sudah melewati proses manajemen mutu efisien dan baik, disbanding dengan yang lainnya jenis iso ini paling banyak di gunakan di banyak perusahaan. Pada jenis-jenis ISO ini diangkat pada tahun 2000. Standar ini menjamin jika perusahaan menawarkan produk-produk berkualitas dan mendorong feedback konsumen, pemakai akhir, dan badan pengatur.

2. ISO 14001.

Kgunaan ISO yang kedua ialah ISO 9001. Standar ini adalah yang berhubungan dengan lingkungan seperti pengelolaan limbah. Apabila perusahaan sudah mempunyai sertifikat ISO artnya perusahaan tersebut sudah memenuhi mutu dari standar manajemen lingkungan yang efektif.

Ada beberapa manfaat dari mendapat sertifikasi ISO ini. Baik itu bagi lingkungan maupun produsen.

Manfaat ISO 14001 untuk lingkungan.

  • Mengurangi tercemarnya lingkungan dengan menurunkan penggunaan bahan kimia yang berbahaya.
  • Mengurangi limbah berbahaya dan gangguan sosial dapat di minimalisir yang asalnya dari adanya industry tersebut contohnya, mengurangi polusi air, mengurangi polusi udara, mengurangi kebisingan,dan mengurangi kemacetan.

Manfaat ISO 14001 untuk produsen.

  • Meminimalisir potensi terjadinya konflik antara pengusaha dengan para pekerja dalam tersedianya lingkungan kerja yang sehat dan layak serta menaikan produktivitas tenaga kerja leawt efisiensi biaya dan waktu.
  • Menengahi terpenuhnya aturan lingkungan dengan lebih terstruktur dan terencana.
  • Penggunaan SDA atau sumber daya alam yang lebih bijak demi terciptanya efisiensi.
  • Citra bisnis industry dapat terjaga karena selama ini industry dihubungkan dengan hal-hal yang negativ melalui pencemaran lingkungan.

ISO 50001.

Jenis-Jenis ISO selanjutnya adalah ISO 50001. Pada standar tersebut berkaitan dengan system manajemen energy agar perusahaan memiliki system untuk memperbaiki efisiensi, kinerja dan konsumsi energy. Pengertian lainnya, ISO 50001 adalah standar global yang membantu meminimalisir jejak karbon, mengurangi konsumsi, serta memotong biaya dengan melakukan promosi penggunaan energy berkelanjutan.

Ternyata pada system ini memiliki manfaat bagi perusahaan, manfaat ini meliputi:

Manajemen energy dapat meminimalisir konsumsi lewat pengamatan terstruktur pada penggunaan energy, sehingga menaikan efisiensi energy serta membantu usaha atau bisnis agar bisa berhemat.

Standar ISO 50001 menonjolkan komitmen perusahaan dalam tanggung bjawab lingkungan dengan menjamin kepatuhan pada hokum energy setempat untuk dapat menaikan reptasi mereknya atau brand perusahaan.

Dengan mengamati performa energy pada industry untk melakukan pengidentifikasi peningkatan, perusahaan bisa yakin jika bisnis sedang berjalan dengan efisiensi yang baik untuk jangka panjang.

Manfaat yang terakhir adalah menghemat keuangan, perusahaan di bidang industri ini biasanya sering mengabaikan peningkatan ini. Hal tersebut bisa merealisasikan potensi pada system management energy.

Fungsi Kegunaan ISO dalam Bisnis.

Kedudukan perusahaan terhadap kegunaan ISO ini adalah merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan berbisnis. Proses standarisasi produk ini berguna untuk menyelaraskan dan mempunyai kualitas yang tidak jauh berbeda agar pelanggan tidak dikaitkan dan semakin bisa di percaya.

Untuk menjelaskan suatu produk secara global maka butuh izin daro badan pengawas obat dan makanan, begitu juga apabila ingin memasarkan makanan ke masyarakat muslim memerlukan label halal dari MUI. Seluruhnya di butuhkan semata-mata karena untuk mendapat kepercayaan.

Fungsi dari kegunaan ISO juga ada pada perizinan resmi. Bagi mereka yang menjual secara layak dan bertaraf internasional, perusahaan tak main-main dalam memproduksi suatu. Namun, produksi yang betul-betul handal, awet serta tahan lama sesuai dengan prosedur yang telah di tentukan pada standarisasi.

Manfaat kegunaan ISO pada dunia bisnis.

Sesudah memahami kegunaan ISO secara global dan fungsinya sudah dijabarkan di atas. Berbagai macam hal sudah di buat manusia wajib ada keuntungannya begitu juga dalam mendirikan ISO. Ada sejumlah manfaat dari kegunaan ISO yang perlu di ketahui untuk perusahaan dan masyarakat. Diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan.

Kegunaan ISO pertama ialah untuk mendapat kepercayaan dari pelanggannya memang bukan hal yang mudah, tetapi bukanlah hal yang mustahil.

2. Mendapat Daya Bersaing di Level Global.

Persaingan produk sangatlah ketat di berbagai tingkat. Untuk itu, perusahaan harus berinovasi agar produknya bisa bersaing di level internasional.

3. meningkatkan kredibilitas perusahaan.

Perusahaan yang telah mempunyai sertifikat ISO menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi perusahaan. Hal ini menunjukan level perusahaan sudah meningkat.

Ikuti media sosial FR Consultant Indonesia ( https://www.instagram.com/frconsultantindonesia/) untuk informasi lainnya tentang dunia Bisnis dan Digital Marketing, Keuangan beserta Perpajakan

Originally published at https://frconsultantindonesia.com on July 4, 2022.

--

--

FR Consultant Indonesia

Konsultan Bisnis dan Manajemen Untuk Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia https://frconsultantindonesia.com